Mengatasi hp Lelet

Android merupakan sistem operasi yang banyak digunakan oleh pengguna smartphone sekarang ini, karena sistem operasi yang satu ini sudah menawarkan banyak sekali fitur dan aplikasi yang menarik didalamnya. Smartphone Android juga menawarkan game-game yang berkualitas, itulah salah satu sebab kenapa Perangkat yang berbasis Android menjadi buruan pengguna HP.

Namun, perlu anda ketahui juga semakin banyaknya fitur, aplikasi serta game yang terdapat didalamnya itu akan membuat performa atau kinerja dari ponsel tersebut menurun, itu semua dikarenakan kita terlalu banyak mengistall aplikasi sehingga akan memberatkan software ketika bekerja.

1. Kenali HP Android Anda “Spesifikasinya”

Hal yang harus kita ketahui sebelum menggunnakan smartphone Android yakni harus mengetahui spesifikasi dari Smartphone yang akan kita gunakan. Mulai dari layar, hardware, software, RAM dan lain sebagainya. Karena itu semua akan menunjang lambat tidaknya kinerja Android tersebut pada saat kita menginstall Aplikasi atau game. Alangkah bijaknya jika kita menyesuaikan spek ketika akan menginstall aplikasi maupun game pada ponsel Android yang kita gunakan.

2. Perbarui “Update” Software atau Sistem Operasi

Dipastikan anda harus lebih sering mengupsate sistem operasi Android anda, karena ini akan mempengaruhi kinerja ponsel tersebut. Biasanya ada pemberitahuan untuk kita mengupdate, maka ketika ada pemberitahuan seperti itu sebaiknya ikuti petunjuk-petunjuk yang muncul. Karena Android ini merupakan sistem operasi opern-source yang harus selalu di perbaruhi untuk memaksimalkan kinerjanya.

3. Install Aplikasi Seperlunya

Memang aplikasi yang terdapat pada Play Store Android sangat banyak sekali dan menarik, namun janganlah anda install semua aplikasi tersebut. Alangkah baiknya jika anda menginstall aplikasi yang menurut anda perlu saja, karena itu akan memakan RAM dan membuat perangkat Android anda menjadi lelet.

4. Non Aktivkan Aplikasi Yang Tidak Terpakai

Non aktivkan aplikasi yang menurut anda sudah tidak terpakai lagi, dan disarankan jangan menginstal aplikasi yang memiliki fungsi sama misal seperti “browser dan edit foto”. Karena jika kita terlalu banyak menginstall aplikasi ini akan menghabiskan memori RAM sehingga akan memperlambat performa Android.

5. Gunakan Widget Seperlunya

Widget ini tak hanya jalan jika digunakan saja, namun akan selalu jalan di background walaupun smartphone tersebut dalam keadaan diam. Cara kerjanya pun sama seperti pemangkas space RAM, maka dari itu apabila anda menempelkan widget yang tidak perlu misal “qick access” di konfigurasi seperti wifi, Perangkat Bluetooth, maupun GPS, maka alangkah baiknya anda menghapusnya saja.

Sebenarnya ada 10 cara jitu untuk meringankan kinerja dari Smartphone Android anda, namun kami hanya membahas 5 secara detailnya. Dan untuk lima cara lainnya kami hanya sebutkan intinya saja tidak dengan penjelasannya, yakni dibawah ini.

6. Matikan Animasi

7. Non-Aktivkan Fitur Sinc

8. Jangan Gunakan Live Walpaper / Walpaper yang Bergerak

9. Pakai SD-Card dengan Yang memiliki kecepatan Tinggi

10. Selalu Mengupdate Aplikasi Ketika Ada Pemberitahuan

Itulah Tips dan Cara jitu untuk mempercepat kinerja Android anda, Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, mohon maaf jika dalam penyampaian ada kesalahan atau kurang lengkap. Terima kasih dan semoga bermanfaat.